Tenaga Kerja dan Pemasok Lokal

Hasil panen sayur-sayur yang ditanam para mama, komponen penting menu harian ratusan karyawan, dijual pada perusahaan katering mitra operasi tambang tembaga di Pulau Wetar.

Merdeka memahami pentingnya penciptaan lapangan pekerjaan dan kesempatan menjalankan usaha bagi masyarakat lokal sebagai salah satu upaya kami menciptakan manfaat kepada pemangku kepentingan kami. Oleh karena itu, Merdeka menerapkan kebijakan yang mengutamakan tenaga kerja dan pemasok lokal, terutama yang berasal dari wilayah di sekitar operasi tambang kami. Pengutamaan tenaga kerja dan pemasok lokal akan meningkatkan perekonomian masyarakat dan pertumbuhan pembangunan daerah.

Total penerimaan tenaga kerja yang berasal dari Ring I (wilayah kecamatan) dan Ring II (wilayah Kabupaten dan Provinsi) di operasi tambang kami berkisar antara 60–70 persen pada 2020—lebih tinggi daripada 57–66 persen pada 2018 dan 53–69 persen pada 2019.

Merdeka berkomitmen untuk terus meningkatkan penerimaan tenaga kerja lokal dengan mendukung pengembangan keahlian terutama yang dibutuhkan sektor pertambangan dan penunjangnya. Merdeka juga menerapkan program peningkatan kapasitas pelaku bisnis lokal agar dapat disertakan ke dalam rantai pasokan perusahaan kami.