Merdeka Young Talent Program

Daftar Sekarang
Merdeka mengharapkan sosok calon pemimpin yang, selain berpotensi akademik mumpuni, juga memiliki karakteristik sesuai budaya kerja dan nilai-nilai perusahaan, mampu beradaptasi, membangun karir sekaligus membangun organisasi Merdeka dalam mewujudkan visi menjadi pemimin global di industri pertambangan Indonesia.
  • Sarjana atau Magister dari universitas terkemuka di Indonesia atau luar negeri dengan pengalaman kerja paling lama 3 tahun
  • Memiliki IPK minimal 3.30 skala 4.0 atau setara
  • Usia maksimal 27 tahun untuk Sarjana (S1) atau 29 tahun untuk Magister (S2)
  • Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik
  • Memiliki kemampuan berpikir analitis dan presentasi yang baik
  • Memiliki pengalaman kepemimpinan di kampus atau organisasi kemahasiswaan menjadi nilai tambah
  • Memiliki kemampuan bekerja dalam tim maupun individu
  • Berasal dari jurusan/program studi yang menjadi target MYTP
Untuk gelombang pertama tahun 2021, yang bisa mendaftar adalah sarjana atau magister dari program-program studi sebagai berikut:

  • Teknik Geologi
  • Teknik Geodesi
  • Teknik Geofisika
  • Teknik Tambang
  • Teknik Mesin
  • Teknik Metalurgi
  • Teknik Kimia dengan konsentrasi Pengolahan Logam
Asal kampus tidak dibatasi secara khusus, Anda tetap bisa mendaftar sepanjang program studi atau jurusan sesuai dengan kebutuhan kami di atas dan terakreditasi A oleh BAN PT. Dalam hal ini, semua peserta akan melalui serangkaian tes seleksi penerimaan yang objektif.
Merdeka akan memprioritaskan sarjana atau master dengan IPK minimal 3,30. Jika para pendaftar dengan IPK 3,30 ke atas tersebut tidak memenuhi kuota dan atau kriteria seleksi, maka pendaftar dengan IPK di bawahnya akan dipertimbangkan untuk diikutsertakan dalam seleksi.
Proses pendaftaran dan seleksi tahap awal akan diumumkan melalui situs web perusahaan dan situs Pusat Pengembangan Karir (Career Development Center) perguruan tinggi yang menjadi mitra program MYTP, yaitu:

  • Universitas Indonesia
  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Gajah Mada
  • Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Institut Teknologi Sepuluh November

Pendaftaran akan dilakukan secara daring (online) melalui situs-situs tersebut

  1. Seleksi tahap pertama adalah seleksi berkas berupa pengecekan kesesuaian antara profil peserta dengan persyaratan yang ditetapkan, serta pengecekan dokumen pendukung.
  2. Seleksi tahap kedua adalah penilaian psikologis dasar yang dilakukan secara daring.
  3. Seleksi tahap ketiga dilaksanakan secara tatap muka di beberapa kota terdekat dengan konsentrasi daerah asal calon peserta. Seleksi yang dilakukan berupa value-based assessment, tes kecakapan Bahasa Inggris, focus group discussion, dan wawancara dengan manajemen departemen pengguna.
  4. Seleksi tahap keempat berupa pemeriksaan kesehatan untuk memastikan calon peserta memenuhi standard kesehatan yang ditetapkan perusahaan
Seleksi dilakukan pada pertengahan Bulan Desember 2020 hingga akhir Februari 2021.
Sebagai perusahaan yang memiliki visi global, maka kemampuan Bahasa Inggris menjadi tuntutan bagi calon-calon pemimpin perusahaan di masa depan. Ditambah lagi, saat ini Merdeka mempekerjakan karyawan ekspatriat di posisi-posisi tertentu. Mereka juga akan berinteraksi dengan cukup intens dengan peserta MYTP. Oleh karena itu, kemampuan berbahasa Inggris akan sangat membantu kelancara komunikasi sehari-hari.
Hasil seleksi akan diumumkan di situs web ini (MerdekaCopperGold.com). Selain itu, para peserta tes akan mendapat informasi mengenai hasil seleksi melalui email atau telepon dari petugas rekruitmen Merdeka.
Setiap lowongan pekerjaan yang terdapat di Merdekan akan dipubikasikan secara terbuka di situs lowongan kerja dan melalui recruiter perusahaan secara resmi. Apabila Anda tertarik untuk bergabung dengan Merdeka dan perusahaan-perusahaan afiliasinya, silakan kirimkan lamaran dan riwayat hidup Anda ke recruitment@merdekacoppergold.com
Program MYTP berlangsung selama dua tahun. Dalam jangka waktu dua tahun tersebut, peserta MYTP berada dalam kontrak ikatan dinas dengan perusahaan.
MYTP merupakan program pengembangan terstruktur, di mana peserta terpilih akan mengikuti pengembangan teknis dan kepemimpinan dengan menitikberatkan pada experience atau praktek kerja langsung yang mengambil porsi tujuh puluh persen dari aktivitas pengembangan. Di dalamnya terdapat aktivitas rotasi di unit-unit usaha dalam divisi atau departemen pengguna, serta ditugaskan dalam proyek-proyek yang menjadi prioritas departemen. Dua puluh persen pengembangan diperoleh dari exposure atau bimbingan dari mentor, coach, dan buddy yang ditunjuk untuk setiap peserta, serta sesi-sesi networking dengan manajemen dan pihak terkait lainnya. Sementara sepuluh persen pengembangan didapatkan dari sesi-sesi pelatihan formal. Dengan format 70-20-10 seperti ini, diharapkan terdapat akselerasi pemahaman dan penguasaan peserta MYTP terhadap semua aspek pekerjaan yang akan menjadi tanggung jawabnya.

Di sela-sela rotasi dan penugasan di site, peserta MYTP secara berkala akan dijadwalkan bekerja di kantor pusat di Jakarta untuk mengikuti sesi coaching dan pengembangan lainnya individu dengan tim HR Learning & Development.

MYTP adalah sebuah program yang kompetitif. Seorang peserta MYTP dapat saja dikeluarkan dari program atau tidak diangkat menjadi karyawan permanen setelah berakhir program apabila kinerja peserta tidak sesuai dengan harapan dari departemen pengguna. Dalam hal ini, mentor yang ditunjuk akan menetapkan dan mendiskusikan KRA/KPI dengan setiap peserta. KRA/KPI ini berisi target kinerja yang harus dicapai dengan mempertimbangkan kemampuan dan kompetensi masing-masing individu.

Kinerja setiap peserta akan dipantau secara berkala melalui evaluasi tiga bulanan oleh mentor dan coach masing-masing, serta presentasi tahunan kepada GM departemen. Kedua evaluasi ini menjadi penentu apakah seorang peserta akan tetap lanjut dalam program dan diangkat menjadi karyawan permanen atau sebaliknya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa MYTP adalah sebuah program yang sangat kompetitif dan menantang, dengan kinerja individu menjadi ukuran utamanya.

Mungkin saja dilakukan, karena kebijakan rotasi sangat tergantung kepentingan atau strategi yang diterapkan di masing-masing departemen pengguna. Walaupun begitu, sebagai peserta MYTP, Anda akan diutamakan untuk mengalami rotasi kerja antar section atau antar project di dalam departemen pengguna Anda untuk memahami proses bisnis yang ada di departemen Anda secara menyeluruh.
Anda masih bisa mendaftar selama memenuhi persyaratan yang ditetapkan di setiap batch-nya.
Daftar Sekarang